Facebook Twitter RSS Feed
Powered by Blogger.

SKRIPSI STUDI KORELASI ANTARA PENGAMALAN IBADAH SHALAT DENGAN AKHLAK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Pembangunan di indonesia adalah pembangunan seutuhnya. Hal ini berarti harus ada keseimbangan antara pembangunan material dan sepiritual. Dalam mencapai keseimbangan tersebut sudah tentu diperlukan adanya pembangunan di segala bidang, salah satunya yang sangat dibutuhkan yang sangat dibutuhkan adalah bidang keagamaan yang merupakan usaha pembinaan akhlak suatu bangsa, sebab akhlak merupakan faktor yang sangat penting yang ikut menentukan suatu keberhasilan suatu pembangunan.
Masalah pembangunan ibadah shalat merupakan masalah yang sangat penting, sebab menyangkut masa depan siswa, keperibadian siswa, keimanan serta ketaqwaan siswa terhadap Allah SWT. Lebih-lebih bagi mereka yang nantinya akan berkeluarga dan berperan penting dalam masyarakat. 
Seorang guru, khususnya yang mengajar di bidang islam, diharuskan untuk tidak condong, monoton dengan metode ceramah saja. Akan tetapi, seorang guru harus kreatif dan mampu menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan. Seorang guru juga harus aktif memberi contoh gerakan-gerakan dan bacaan-bacaan shalat yang benar, sehingga mempertajam ingatan siswa yang selama ini mereka hanya menganggap remeh dan tidak tahu apa makna yang terkandung dari gerakan-gerakan dan bacaan-bacaan yang ada dalam shalat tersebut. Dan akhirnya mereka melaksanakan shalat yang tidak ada nilainya.
Dalam islam ibadah dibagi menjadi 2 yaitu : ibadah mahdhoh dan ibadah ghoiru mahdhoh. Dalam materi ini lebih ditekankan  pada aspek ibadah shalat. Yang mana shalat dibagi menjadi 2 yaitu :shalat wajib dan shalat sunah. Ibadah shalat wajib adalah ibadah shalat yang apabila dikerjakan mandapat pahala dan apa bila ditinggalkan akan berdosa. Begitu juga sebaliknya ibadah shalat sunah merupakan ibadah tambahan yang mana apabila dilakukan mendapat pahala dan apa bila ditinggalkan tidak akan berdosa. 
Dari pengertian diatas tentang pengertian tentang ibadah shalat sunah dan wajib, sudah pasti kita tahu, mana yang kita kerjakan sebagai tambahan dan mana  yang harus kita kerjakan. Tetapi apa nyatanya sekarang? Masih banyak siswa yang meninggalkan shalat. Pelajaran agama islam yang suharusnyadijadikan acuan dan pedoman kita untuk memahami syariat dan hukum isalm, hanya dijadikan sebagai bacaan saja sewaktu proses pembelajaran terlaksana.
Seseorang melaksanakan shalat secara ikhlas dan khusuk karena Allah dapat membentuk pribadi yang mempunyai akhlak baik. Sebaliknya orang yang kurang khusuk dalam menjalankan shalat akhlaknya rendah.
Padahal dalam agama islam ajaran akhlak merupakan nilai-nilai yang hakiki dan sangat mendasar yang tumbuh secara langsung dari rasa iman kepada Allah. Kaidah-kaidah moralitas yang diajarkan dalam agama islam yang meliputi seluruh aspek.  Kehidupan manusia adalah merupakan suatu bukti ketinggian islam. Seperti kita ketahui dalam ajaran agama islam tidak ada satupun yang terlepas dari lingkup akhlak. Perasaan tungkah laku aktivitas manusia umumnya harus sesuai dalam akhlak islaminya. 
Sehubung dengan adanya aktivitas fenomena yang terjadi dikalangan siswa SD N II Klakah secara umum penulis melihat adanya aktivitas  seperti : menjalankan shalat fardhu berjamaah, gerakan-gerakan shalat yang baik sesuai rukunnya dan lain sebagainya.
Kemudian dalam perbuatan atau tingkah laku sehari-hari siswa SD N II Klakah baik dan sopan, rendah hati, ramah, jujur, dan adil dalam bergaul. 
Oleh karena itu penulis ingin membuktikan apakah akhlak itu ada kaitanya dengan pengalaman ibadah shalat.
=========================
Untuk Download File Lengkapnya DI :
UNDUH
* untuk donasi seiklasnya silahkan W.A 087836085057

0 comments:

Post a Comment