Facebook Twitter RSS Feed
Powered by Blogger.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE MENGGUNAKAN MANIK-MANIK KELOMPOK A DI KELOMPOK BERMAIN NURUL ILMI

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS
MELALUI KEGIATAN MERONCE MENGGUNAKAN MANIK-MANIK
KELOMPOK A DI KELOMPOK BERMAIN NURUL ILMI KECAMATAN SELO
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan meronce pada anak Kelompok Bermain Nurul Ilmi.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian ini yaitu anak Kelompok Bermain Nurul Ilmi, sejumlah 16 anak. Objek penelitian adalah kemampuan motorik halus. Pengumpulan data akan dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan meronce yang dilakukan dengan meronce menggunakan manik-manik berukuran besar, sedang, kecil dan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus. Peningkatan dapat dilihat pada hasil penelitian. Pada kondisi awal kriteria sangat kurang sejumlah 10 anak (67.5%), dan baik sejumlah 6 anak (32.5%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus II hasilnya pada kemampuan motorik halus melalui kegiatan meronce mengalami peningkatan yang dapat diilihat yaitu untuk kriteria sangat kurang sejumlah 3 anak (17.5%), baik sejumlah 82.5 % Anak. Penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan.


Kata kunci : kemampuan motorik halus, kegiatan meronce

========================================
silahkan baca lebih lanjut di : DISINI

0 comments:

Post a Comment