Facebook Twitter RSS Feed
Powered by Blogger.

SKRIPSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN DENGAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Al Qur’an sebagai kalam Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Mulia itu memiliki keistimewaan terutama pada susunan bahasanya yang unik dan kandungan maknanya yang mendalam. Al Qur’an merupakan mukjizat yang diwahyukan   kepada   Nabi   Muhammad   SAW   membacanya   adalah  ibadah[1].Keutamaan mukjizat Al Qur’an bukan hanya ditujukan kepada bangsa arab, namun Al Qur’an dengan keutamaan mukjizatnya itu diperuntukkan kepada seluruh alam[2].
Maka dari itu mempelajari Al Qur’an merupakan kewajiban mutlak bagi setiap yang beragama Islam, sebab semua ajaran Islam bersumber pada Al Qur’an, bahkan Al Qur’an itu sendiri merupakan induk atau pusatnya segala ilmu pengetahuan, yang berisi tentang hukum-hukum dan aqidah. Firman Allah:
 إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ قُرۡءَٰنًا عَرَبِيّٗا لَّعَلَّكُمۡ تَعۡقِلُونَ ٢
“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa al-Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.”[3]

Dan Al Qur’an sebagai tata kehidupan umat dan petunjuk bagi makhluk, ia merupakan tanda kebenaran Rasulullah SAW. Disamping merupakan  bukti yang jelas atas kenabian dan kerasulannya. Selain itu ia juga hujjah yang akan tetap tegak sampai pada hari kiamat[4].
Berkaitan dengan masalah tersebut, pendidikan agama Islam dan membaca  Al  Qur’an  di sekolah  mulai  di tingkat  dasar  tidak  kalah pentingnya, disamping siswa diharapkan menjadi anak yang berbudi pekerti baik, rajin beribadah dan kuat imannya, maka tidak ada suatu alas an melainkan anak harus ditekan untuk belajar membaca Al Qur’an. Apalagi menghadapi keluhan dari  pihak orang tua atau wali murid yang mengatakan, bahwa murid-murid tamatan sekolah dasar banyak yang belum dapat membaca dan menulis huruf Al Qur’an. Sehingga dengan penekanan belajar membaca Al Qur’an diharapkan murid-murid sekolah dasar dapat membaca dan menulis huruf Al Qur’an sebagai penghayatan terhadap sumber agama Islam, yaitu Al Qur’an.
Bagi murid-murid tamatan sekolah dasar yang akan melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama diharapkan sudah mampu membaca dan  menulis huruf Al Qur’an sehingga tidak menyulitkan bagi guru agama yang mengajar pada tingkat tersebut demikian pula pada tingkat selanjutnya[5]. Berdasarkan   kurikulum Sekolah Dasar (SD) tahun 1975 yang telah dibakukan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 17 Januari 1975 No. 008C/U/1975 dan Keputusan Menteri Agama tanggal 31 Oktober 1974 pada bidang studi pendidikan agama Islam terdapat tujuan instruktional umum antara lain ditetapkan bahwa murid lulusan sekolah dasar harus mampu membaca Al Qur’an dengan baik[6]. Namun kenyataannya tidak seperti yang kita harapkan ternyata pembelajaran membaca dan menulis huruf Al Qur’an tingkat sekolah dasar ini kurang menarik dan para siswa mengalami kesulitan, maka dengan demikian pembelajaran ini kurang berhasil.
Berdasarkan pengamatan yang ada di SDN II Tlogolele peneliti mengamati proses pembelajaran alqur’an yang ada, peneliti menyimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran masih ada kekurangan  dalam pengajaran membaca dan menulis huruf Al Qur’an, maslah tersebut peneliti selidiki di karenakan oleh faktor guru dalam menggunakan metode lama yang monoton dan kurang tepat. Hal diatas menjadi dorongan bagi peneliti untuk melaksanakan penelitian ini.
Dengan cara pengenalan dan pengamatan keseluruan (struktural) secara sepintas. Kemudian pengenalan dan pengamatan lebih jauh (analitik) sampai bagian-bagian kemudian pengenalan dan pengamatan mendalam (sintetik) sehingga dapat memahami.[7]



[1] Depag RI, Al Qur’an dan Terjemahnya: Sejarah Al Qur’an, (Jakarta: Departemen Agama), 2005, hlm. 23

[2] Muhammad Ali Ash-Shabuni, Studi Ilmu Al Qur’an, (Bandung: Pustaka Setia), 2000, hlm. 112

[3] Depag RI,Op.Cit,  hlm. 118

[4] Ibid, hlm. 13

[5] H.MT. Fatahudin, Pedoman Membaca dan Menulis Huruf Al Qur’an,(Jakarta: CV. Serajaya), 1981, hlm. 1

[6] Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam, Standar Mutu Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Departemen Agama RI), 1981, hlm. 4

H.MT Fatahudin, Op.Cit, hlm. 9
======================================================
Untuk download  Full Skripsinya Bisa di Download di
Untuk donasi seiklasnya silahkan W.A 087836085057

0 comments:

Post a Comment