Facebook Twitter RSS Feed
Powered by Blogger.

MAKALAH MATEMATIKA AKAR PANGKAT TIGA DERET BINOMIAL DARI ANGKA SEMBARANG



   
 MAKALAH MATEMATIKA AKAR PANGKAT TIGA DERET BINOMIAL DARI ANGKA SEMBARANG
 Matematika memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang pendidikan formal, oleh karena itu matematika sebaiknya diajarkan sejak mereka mengenal angka atau pada tingkat SD agar matematika itu sendiri tidak dianggap sebagai pelajaran yang sulit, membosankan, tidak menarik bahkan menakutkan. Untuk itu banyak orang yang terus berusaha mencari cara cepat dalam penyelesaian masalah matematika agar lebih mudah dipahami serta menyenangkan.
            Salah satu bidang dalam matematika adalah aljabar yang telah dikenal sejak berabad-abad yang lalu, pelajaran matematika pada siswa SD yang berkenaan dengan aljabar adalah “Akar Pangkat”. Akar pangkat terdiri dari pangkat dua, akar pangkat tiga dan seterusnya. Akar pangkat tiga merupakan kebalikan dari pemengkatan tiga. Beberapa cara mencari akar pangkat tiga merupakan kebalikan dari pemangkatan tiga. Beberapa cara mencari akar pangkat tiga diantarannya dengan menggunakan metode coba-coba, pohon faktor (mencari faktorisasi primanya), alogaritma, atau menggunakan kalkulator. Yang akan dibahas pada makalah ini adalah menentukan cara cepat menghitung hasil dari akar pangkat tiga tanpa memerlukan waktu yang lama ataupun menggunakan kalkulator khususnyaakar pangkat 3 sempurna yaitu dengan menggunakan pola atau angka satua setelah di pangkat tiga, agar terlihat lebih mudah, dan menyenangkan sehingga dapat dipahami oleh siswa SD,SMP,SMA, maupun kita sebagai calon pendidik ataupun pendidik.
            Kedua menarik akar pangkat tiga dari angka sembarang, pada pembahasan ini menggunakan deret binomial dengan hasil hampiran yang mendekati nilai akar pangkat tiga menggunakan kalkulator.
UNTUK LEBIH JELASNNYA ISI MAKALAH DAPAT DILIHAT DI
https://drive.google.com/file/d/0B0mPWBfXDo1qMDJIR1NxZjNTOWs/edit?usp=sharing
(jika link tidak otomatis, blok link diatas kemudian klik kanan pada mouse anda klik "open new tab link")
terimakasi................

 
DAFTAR PUSTAKA
Purwanto, Heri dkk.2005.kalkus I. Jakarta:PT Ercontara Rajawali.
Setyaningsih,Sri dkk.2005.Matematika Dasar 2. Bogor : Pusat Komputisasi.
J Purcell Edwin.kalkulus dan geometri analitus jilid 2. Jakarta : Erlangga.
http://syukronituaku.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment